Banyak cara yang bisa dilakukan di linux untuk mengerjakan sesuatu. Ini adalah salah satunya. Men-share printer dengan kompyuter lain, ada beberapa trik yang bisa ditempuh. Bisa menggunakan goyang Samba ataupun mantra-mantra. Kali ini saya memilih langkah yang saya anggap mudah biar kompyuter klien bisa ikut-ikutan ngeprint. Cara ini sudah saya terapkanbaik di router (sever) ataupun  client menggunakan Ubuntu 8.10, Linux Mint 7, Xubuntu 7.10. Jadi, terbukti handal di lingungan Ubuntu dan variannya.

Sederhana saja :

Sisi Server

1. Saya menggunakan printer Canon Pixma iP 1980 yang telah terinstal driverl dan bisa berjalan normal di server. Penjelasan instalasi driver printer ini ada di sini atau di sana sama saja.

2. Klik Menu=>Administration=>Printing

Menu-Administration-Printing

3. Setelah muncul jendela Printer Configuration. Klik Tab Server=>Setting

Server-Setting
Server-Setting

4.  Akan Muncul jendela Basic Server Setting . Hilangkan tanda centang (ato contreng?) yang ada. Sisakan 2 di Publish share printer…dst dan di Allow printing from Internet.

Basic Server Setting

5. Klik Oke. Sisi Server selesai.

SISI CLIENT

1. Tanpa susah payah, langsung saja klik Menu=>Administration=>Printing

Menu-Administration-Printing

2. Setelah muncul jendela Printer Configuration. Klik Tab Server=>Connect

Server-Connect
Server-Connect

4. Isikan IP komputer server printer, di sini misal 192.168.0.1

Alamat IP komputer server printer
Alamat IP komputer server printer

5. Klik Connect. Tunggu sesaat. Kalo jaringan LAN normal, akan muncul icon printer yang dimaksud. Di sini berati  iP 1900 series. Lanjut dengan mengklik Tab Server=>Settings

Server-Setting

6.  Kali ini, beri centang semua pilihan yang ada (meski Save Debugging..dst-nya saya kosongi, males nyimpen aja 😛 )

Centang Semuanya aja
Centang Semuanya aja

7. Klik Ok

Selesai! Silakan bisa langsung dicoba print dari PC-client

Enak to…

Eh iya, di Xubuntu 7.10 komputer kudu di restart dulu… tapi apa ya masih ada yang nekat mo pake Xubuntu 7.10 (selain saya) 😆

Tulisan ini pertama saya posting di solvewithit.com