Baru saja berjalan mimpi Produk Banyumas, yang ditulis berjilid-jilid di sini. Termasuk alasan kita membantu mempromosikan dan memasarkan online produk-produk umkm ini, silakan baca di tulisan sebelumnya ini.

Kemudian kisahnya diceritakan pada pemilik brand Cusss Delivery di Pati, Jawa Tengah, yang kemudian langsung disambarnya, untuk diduplikasi di Pati.

Cusss Delivery (yang -s nya tiga) sendiri adalah sebuah usaha jasa delivery yang tidak hanya bertahan ditengah hadirnya delivery online, tapi juga terus berkembang dan semakin dikenal luas oleh masyarakat Pati.

Bahkan sebagai bentuk keseriusan (apa bentuk terlalu bersemangat ya 😀 ), dalam dua hari sudah terbentuk tim pengelolanya.

Kemudian disepakati untuk menggunakan brand “IniPati”. IniPati sebelumnya dibuat dengan konsep “berita dan potensi bagus Pati”. Hanya saja kemudian tidak terkelola dengan baik. Padahal seringkali ada interaksi dengan orang-orang yang menanyakan terkait potensi yang ditulis di website IniPati.

Jadilah usaha yang dimaksudkan untuk membantu mempromosikan dan menjual produk-produk UMKM Pati, menggunakan brand “IniPati”.

Meski sama-sama baru berjalan sebentar, sudah nampak sedikit perbedaan antara IniPati dan Produk Banyumas. Yaitu, fokus utama Produk Banyumas adalah promosi untuk membangun brand. Jadi, yang terus dipikirkan adalah bagaimana cara untuk terus menerus mempromosikan Produk Banyumas.

Sedangkan IniPati lebih langsung fokus ke penjualan. Ini karena memang tenaga untuk membuat konten foto dan video di IniPati belum tersedia secara full time. Sedangkan jaringan luas UMKM IniPati sebagian besar sudah memiliki foto produknya sendiri dan mendesak untuk segera ditayangkan.

Sepertinya akan menjadi menarik dengan setiap tantangannya. Apalagi kemudian kabupaten Rembang yang menjadi tetangga Pati, juga sudah siap satu tim. Satu tim yang juga siap menduplikasi sebuah ikhtiar untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk-produk UMKM Rembang.

Ini berarti satu persatu mozaik mimpi membangun ekosistem produk-produk umkm mulai terkumpul.

Keren?

Keliatannya sih iya

Tapi pusingnya makin bertambah :mrgreen:

Karena semuanya dari nol, harapan dan misi kita adalah “bertumbuh dan berkembang bersama umkm” … #syedaaap 😀

Bicara ekosistem. Belum lama ini ada contoh cerita. Ada konsumen IniPati yang menanyakan “apakah bisa COD (cash on delivery) ?”

Jawabannya, sepanjang pembelian lewat IniPati, maka COD-nya adalah sebatas yang bisa di-cover oleh Cusss Delivery. Dengan kata lain, COD-nya dengan kurir Cusss Delivery … ingat, yang -s nya tiga!

Lho kenapa begitu?

Ya karena Cusss Delivery (aku sudah bilang yang -s nya tiga ? ), masuk ke ekosistem IniPati. Nantinya kalau ada entitas atau komunitas lain yang ikut masuk ke ekosistem inipun, harus bisa saling “menghidupi”.

Iya, to?

Demikianlah. Tampaknya dan semoga cerita-cerita asyik “tumbuh bersama” ini tidak berhenti di sini …. Amiiin 🙂

Lebih dekat dengan IniPati di :

Website : https://inipati.id

WhatsApp : 08156502409 dan 089637002603

Facebook : facebook.com/haloinipati

Twitter: @inipati

Instagram : @inipati

Tokopedia : tokopedia.com/inipati

BukaLapak : bukalapak.com/inipati