Sambungan Tulisan:  Mimpi Merajut Ekosistem Produk Banyumas (Jilid 3)

 

Bagaimanapun juga, Produk Banyumas berkomitmen untuk membantu memasarkan produk-produk desa yang masih skala mikro, skala rumahan. Dimana produksi skala industri belum bisa diterapkan. Jangankan itu, produkpun dikerjakan ketika ada pesanan.

see? Produk Banyumas benar-benar bisnis yang mendebarkan!

Tapi kalau kembali mengingat : “betapapun tidak berartinya usaha kita ini, ternyata bisa membawa harapan seorang pengusaha untuk meng-upgrade usahanya ..” . Produk Banyumas benar-benar layak buat diperjuangkan 🙂

Buat mengurangi rasa yang mendebarkan itu, kita ambil langkah memutar selain core bisnis kita menjualkan produk-produk desa. Yaitu membangun brand value Produk Banyumas.  Tujuannya jelas : membangun kepercayaan para calon konsumen.

Hal ini ditunjukkan dengan produk belum seberapa, tapi promosi sudah tak tertahankan (jangan baca : spam) :mrgreen: … #hahaha

Perlahan dan pasti, kita ingin seluas-luasnya, siapapun kenal dengan Produk Banyumas. Kalau sudah kenal, semoga terus disayang. Kalau sudah sayang, semoga kemudian dapat dipercaya.

Ini adalah produk desa. Kita akan selalu berusaha memberikan pelayanan dan kualitas sebaik-baiknya. Akan tetapi jika kemudian hari ada kendala-kendala kecil di proses jual beli dengan Produk Banyumas… kepercayaan Anda kepada kami, tentunya akan membantu segala masalah jual-beli produk desa ini dengan semangat kasih sayang dan kekeluargaan… 🙂 #senyumtulus

Makanya, terus terang, walau Produk Banyumas resminya berjualan di marketplace (Tokopedia, BukaLapak, dan Shopee), sampai tulisan ini dibuat, belum ada pembelian dari ketiga marketplace itu. Pembelian justru dari jalur-jalur hasil promosi kita.

Bahkan pembelian sampai Jambi.

dan kitapun buat video ucapan terima kasihnya :

Dengan pertimbangan “membangun brand” itulah, kami tidak berhenti mencari ide-ide untuk mencari materi-materi promosi. Seremeh apapun, seperti tulisan ini, asal bisa selalu mengenalkan dan mengingatkan akan Produk Banyumas, akan terus kami lakukan 🙂

Akibat melalui jalan melingkar “membangun brand” inilah, muncul mimpi baru lagi. Yaitu mimpi membentuk sebuah ekosistem Produk Banyumas. Baik untuk kita para Pamong Produk Banyumas, para calon pembeli, para pembeli, cerdik-cendikia, para pengusaha, dan seluruh pendukung Produk Banyumas. Menjadi sebuah keluarga besar. Menjadi tempat untuk berbisnis, berbagi ide, dan bermacam berbagi lainnya. Sehingga semua yang masuk ke ekosistem Produk Banyumas, sekecil apapun,  akan merasakan manfaatnya.

Minimal misal ketika ada seseorang yang membutuhkan dan mencari sebuah produk, akan mudah menemukannya di lingkaran ekosistem Produk Banyumas. Pun ketika ada informasi bantuan, pelatihan dan seterusnya, akan cepat direspon oleh jaringan informasi Produk Banyumas.

Karena kemarin menemukan ternyata pengelola Batik Kawungmas, Banyumas adalah instruktur pelatihan batik Desa Kejawar, Banyumas. Dari sini tentunya bisa menjadi basis data informasi ketika ada yang membutuhkan. Dan begitu seterusnya.

Ah… bagaimanapun kita tetap harus bermimpi kan… supaya Tuhan terus memeluk mimpi-mimpi kita 🙂

Keterangan :

Saat ini Produk Banyumas di-Pamong-i oleh 4 orang yang sesuai keahliannya masing-masing saling bersinergi. Semoga jumlah dan kualitas kami para Pamong akan terus meningkat.

Website : https://produkbanyumas.co.id

Email : admin@produkbanyumas.co.id

Phone/WhatsApp :  083 863 150 405

Facebook : fb.com/produkbms

Twitter : @produkbanyumas

Instagram : @produkbanyumas

Tokopedia : tokopedia.com/produkbms

Shopee : shopee.co.id/produkbanyumas

BukaLapak : bukalapak.com/produkbanyumas