Sambungan Tulisan Mimpi Merajut Ekosistem Produk Banyumas (Jilid 2)

 

Dimulailah dengan produk tas Tali Kur desa Beji, kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Kita datangi, potret produk dan video keterangan tiap-tiap tas kerajinan ibu-ibu PKK yang hari itu sengaja dikumpulkan untuk keperluan ini.

foto produk tas tali kur produk banyumas

Maka langkah awal roda Produk Banyumas pun sudah mulai digulirkan. Roda sudah menggelinding, tidak ada lagi kata berhenti. Yang ada hanyalah menghadapi masalah-masalah yang menghadang di sepanjang perjalanan Produk Banyumas… #dududu

Karena memang, walau baru  berjalan beberapa waktu,  sudah menemui tantangan-tantangan dan kejadian yang membuat semangat.

Salah satu cerita penyemangatnya adalah seperti ini :

Prinsipnya, foto-foto dan desain-desain produk dari para UMKM ini minimal tidak memalukan buat kita share-share. Kemudian kita bertemu dengan produk “Bawal Duri Lunak”, dimana desain stiker kemasannya… yah, pokoknya bikin kita menganjurkan dengan ancaman ke produsennya untuk mengganti desainnya. Tentu saja kita bantu untuk urusan re-design ini, dan demikian hasilnya :

produk banyumas bawal duri lunak desa beji

Produsen senang, kita dari Produk Banyumas-pun tak malu-malu mempromosikannya.

Sehingga ketika bawalnya ini sempat menjadi hits di Produk Banyumas, “Bang Brewok” (bukan nama sebenarnya), merasa optimis jika produknya bisa laku seperti ini terus, dia akan berani membeli alat yang bisa mengemas bawal-nya jadi tahan lama.

Cess..

Langsung basah hati ini… betapapun tidak berartinya usaha kita ini, ternyata bisa membawa harapan seorang pengusaha untuk meng-upgrade usahanya … #terharu

Itu satu cerita penyemangat… sayangnya cerita tantangannya lebih banyak dari penyemangatnya 😀

Klik untuk melanjutkan membaca di : Mimpi Merajut Ekosistem Produk Banyumas (Jilid 4)