Masalah Realtek 8723BE Wifi di Linux Mint

Ketiga laptop di atas memiliki seri yang sama persis. Seri HP 14-af118AU. Salah satunya memakai Windows, satunya lagi menggunakan Linux Mint dengan chipset wifi dari Broadcomm (oke, tidak masalah. Tinggal instal driver broadcomm, beres). Laptop yang terakhir, tergoda juga untuk mencicipi kesegaran Linux Mint.

Hanya saja, kemudian muncul sedikit masalah. Begitu terinstal Linux Mint Rosa, sudah langsung mendeteksi wifi (berarti driver wifi sudah terinstal). Tapi kemudian muncul keanehan, ketika laptop dijauhkan dari sumber wifi, sekitar 3 meter saja, laptop sudah tidak bisa menangkap sinyal wifi lagi. Sementara, hal ini tidak dialami oleh laptop lainnya yang sama serinya dan sama-sama menggunakan Linux Mint.

Setelah dicek menggunakan perintah $ sudo lspci melalui terminal. Ternyata, meski dengan merek dan seri yang sama, chipset wifinya berbeda. Satu menggunakan broadcomm, satunya lagi memasang chipset Realtek 8723BE Wifi.

Mencari di beberapa referensi, sepertinya memang itu masalah Realtek 8723BE Wifi. Sudah disediakan drivernya sebagai bawaan untuk linux, tapi bermasalah ketika 3 meter saja dari sumber wifi.

Maka, untuk mengatasinya :

1. Ketikkan perintah di Terminal :
$sudo rm /etc/modprobe.d/rtl8723be.conf

2. Jika tidak terdapat file tersebut, abaikan. Perintah di atas sekedar memastikan saja.

3. Kemudian, jalankan perintah :
$ sudo add-apt-repository ppa:hanipouspilot/rtlwifi
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install rtlwifi-new-dkms linux-firmware

4. Restart komputer

5. Setelah direstart ternyata masalah koneksi wifi masih muncul, jalankan perintah :
echo "options rtl8723be ant_sel=2" | sudo tee /etc/modprobe.d/rtl8723be.conf

6. Restart komputer lagi

Kemudian, masalah koneksi Realtek 8723BE Wifi di Linux Mint selesai🙂

[referensi]