kreativitas dan inovasi krenova masyarakat banyumas

Penghargaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) adalah bentuk apresiasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah kepada para mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas. (Panduan Krenova 2015, Balitbang Provinsi Jateng, halaman 3).

Implementasinya, sejak tahun 2014, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) di beberapa daerah Jawa Tengah menggelar lomba maupun ajang penghargaan Krenova. Lomba dan penghargaan yang diharapkan mampu meningkatkan kretivitas di bidang inovasi masyarakat.

Banyumas tahun lalu juga ikut menyelenggarakan Krenova. Menurut situs resmi Krenova Banyumas, tampaknya penyelenggaraan Krenova Banyumas 2014 terasa kurang semarak. Berkaca dari hal tersebut, Bappeda Banyumas pada ajang Krenova kali ini mencoba menggandeng komunitas-komunitas yang telah sukses menyelenggarakan Hackathon Banyumas.

Pertemuan antara Bappeda dan beragam komunitas Banyumas membuat perkembangan Krenova menjadi dinamis.

Meski berlatar belakang dari kegemaran dan keahlian yang berbeda (yang menjadi dasar untuk berkumpul-berkomunitas), komunitas-komunitas yang disatukan dalam acara Hackathon Merdeka! 2.0 Banyumas ini memiliki kesamaan visi. Yaitu, secara sukarela terpanggil berkontribusi untuk Banyumas.

Semangat tersebut yang kemudian mendorong Krenova Banyumas 2016 tidak hanya sekedar ajang seremonial. Bagi komunitas-komunitas Banyumas, Krenova merupakan momentum untuk mengkolaborasikan kerjasama antara Pemerintah Daerah, inovator, komunitas dan masyarakat Banyumas untuk bertemu dan saling mengenalkan bahwa di Banyumas memiliki inovasi-inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri.

Tagline-nya :

Mempertemukan masalah dengan inovasi

Tidak mengherankan jika sedianya Krenova Banyumas untuk tahun 2015, gelarannya dijadwal ulang pada Februari 2016. Semua pihak yang terlibat membutuhkan waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk waktu untuk mendorong masyarakat untuk tahu dan mau terlibat dalam ajang Kreativitas dan Inovasi Banyumas ini. Menjadikan event Krenova tidak lagi menjadi milik instansi melainkan milik masyarakat Banyumas.

Secara garis besar, wujud kolaborasi di Krenova Banyumas :

  1. Pemerintah Daerah melalui Bappeda memfasilitasi pelaksaan Kenova Banyumas
  2. Komunitas mendokumentasikan, mengenalkan dan mengajak sebanyak mungkin pihak untuk menyebarkan pengetahuan tentang produk hasil inovator-inovator Banyumas.
  3. Masyarakat turut memanfaatkan produk-produk yang dihasilkan para inovator ini.

Ekosistem yang terbentuk dari event Krenova, dimana Pemerintah memahami kebutuhan para inovator, dan peran komunitas yang menjembatani karya inovator dengan kebutuhan masyarakat, merupakan bentuk implementasi nyata dari tujuan diadakannya Krenova.

Maka, Krenova Banyumas bukan sekedar event😉