rick riordan percy jackson dan dewa-dewi[sumber gambar]

Menyebalkan.

Ketika menuliskan kata kunci Rick Riordan, Percy Jackson, Kane Chronicles (Keluarga Kane) di Google Indonesia, hasil yang muncul adalah tulisan-tulisan berbahasa Inggris.

Bagaimana bisa serial keren seperti ini sedikit sekali penulis di tanah air yang mengulasnya? -_-

Semoga ketenaran Pojok Pradna ini bisa mendesak semua tulisan di halaman pertama hasil pencarian..

Mbwahaha…

#plak

Siapkan banyak kopi dan cemilan, karena ini akan jadi postingan yang panjang :

Saya selalu tergoda untuk membaca buku yang berembel-embel Bestseller New York Times , karena memang belum pernah dikecewakan dengan label tersebut.

Beberapa tahun silam (lupa kapan tepatnya), kembali melihat buku berketerangan Terlaris menurut New York Times tersebut di toko buku terkemuka di kota Anda, eh, saya. Melekat di atas judul “Percy Jackson and The Olympians (Percy Jackson dan Dewa-dewi Olympia)” .

Sebagai rakyat jelata yang budiman, saya langsung mengecek persewaan buku kesayangan Anda, eh, saya. Ternyata itu adalah buku serial Percy Jackson. Ada lima buku untuk seri Dewa-dewi Olympia.

Buku Pertama adalah The Lightning Thief (Pencuri Petir). Saya langsung terpukau, kau!

Kesampingkan cerita yang asyik, aksi seru dari awal cerita yang memantaskan buku ini jadi bestseller, yang langsung menyita perhatian saya adalah ternyata ini buku lucu! serius! eh, serius lucu! ..ah, Anda paham maksud saya.

Rick Riordan (penulisnya), berhasil membuat saya cengar-cengir dari awal cerita. Hanya saja saya pikir, belum se-kocak Bartimaeus (level top gokil). Untungnya, sangkaan saya salah (seperti biasa). Cerita benar-benar jadi epik lucunya ketika Percy Jackson bernegosiasi dengan Hades. Saya benar-benar terpingkal-pingkal di bagian ini…

Hades? Dewa-dewi Olympia? Ada apa sebenarnya ini?

Yup. Rick Riordan menulis serial dewa-dewi dari berbagai bangsa. Dimulai dari kisah Percy Jackson demigod anak Poseidon, dewa Yunani penguasa lautan. Demigod itu istilah untuk anak blasteran dewa dengan manusia. Tau sendiri lah, dewa-dewi Yunani suka jalan-jalan ke bumi, lirik kanan-kiri, spik-spik dan pulang ke Olympia sambil ninggalin Hercules kecil, Achilles mungil, Percy Jackson…

Secara keseluruhan, seri Percy Jackson dan Dewa-dewi Olympia bercerita tentang perjuangan Percy Jackson dan kawan-kawannya dari Perkemahan Blasteran mencegah bangkitnya kembali para Titan.

Perkemahan Blasteran adalah semacam Hogwarts bagi para demigod di kisah penyihir, eh, penulis lain. Karena jangan pikir selama ini hanya Zeus yang sibuk jalan-jalan dan menambah populasi manusia di bumi.

Selesai serial Percy Jackson dan Dewa-dewinya. Ada buku Rick Riordan berikutnya yang tersedia di Persewaan. Serial keluarga Kane dan Dewa-dewi Mesir. Tokohnya tetap remaja seumuran Percy, Carter dan Sadie Kane. Hanya saja mereka adalah partner dari Horus dan Isis. Tampaknya dewa-dewi Mesir tidak begitu suka main mata dengan manusia sampai harus melahirkan demigod.

Sudah ada tiga buku serial Kane Chronicles yang terbit. Seri itu bercerita perjuangan keluarga Kane untuk melawan kebangkitan Apophis sang dewa kekacauan penelan dunia. Yah tugas biasa bagi para pahlawan di hari yang cerah. Hanya saja yang menyusahkan adalah membangkitkan Ra sang Dewa Matahari yang telah pikun.

Yap. Bagaimanapun juga, dewa-dewi Mesir sudah old fashion banget jadi sudah sangat-sangat terlupakan. Padahal kekuatan mereka adalah dari pemujaan para manusia. Jadi tidak heran jika rumah jompo dewa Mesir dipenuhi pasien. Termasuk Ra yang perkasa.

Selesai dengan Mesir, Rick Riordan (penulisnya, ingat?) beralih ke Romawi dan Percy Jackson kembali hadir! Tampaknya Percy Jackson sudah menjadi tokoh favorit Rick Riordan. Mungkin karena salah satu putra Rick pengidap disleksia yang menjadi inspirasi penciptaan tokoh Percy Jackson (dan demigood lainnya) yang juga mengidap disleksia ditambah ADHD.

rick riordan percy jackson dan dewa-dewi

Apapun itu, kali ini Percy harus bekerjasama dengan demigod Romawi untuk mengalahkan Gaea sang Ibu Bumi yang mau bangkit dari bobo siangnya. Gaea bobo siang setelah menyaksikan suaminya Ouranus dicincang oleh anaknya sendiri Titan Kronos, atas perintah Gaea. Sungguh keluarga bahagia di kehidupan biasa.

Karena sebetulnya dewa-dewi Yunani dan Romawi itu sama, maka wajar jugasih  kalau serial ini Percy Jackson muncul lagi bahu-membahu dengan demigod Romawi. Apalagi dewa-dewi kali ini tidak terlalu membantu. Disebabkan meski sama, dewa-dewi Yunani lebih romantis dibanding ketika menjadi dewa-dewi Romawi. Kegemaran bangsa Romawi akan disiplin dan perang membuat dewa-dewi itu menjadi berkarakter lebih tegas dan garang.

Nah, ketika Gaea mau bangkit, kepribadian ganda para dewa-dewi itu jadi berbenturan. Bikin sakit kepala. Yah, tipikal dewa-dewi ,  selalu sakit kepala ketika diminta bantuan.

Serial ini saya mulai mengoleksi bukunya. Ada lima buku tebal di seri The Heroes Of Olympus ini… lumayan menguras tabungan.

Selain itu, saya juga membeli “The Demigod Diaries”, dimana salah satu kisah didalamnya ditulis oleh putra Rick Riordan yang disleksia. Gaya berceritanya mirip banget dengan bapaknya. Keren.

rick riordan percy jackson dan dewa-dewi

Terbaru yang terbit, dan yang bikin nulis postingan ini (padahal keinginannya sudah dari sejak baca Percy Jackson beberapa tahun silam). Judulnya “Percy Jackson : Greek Gods”. Garis besarnya untuk buku ini :

Sapa yang bisa mengisahkan tentang awal mula kelahiran Dewa-dewi Olympia lebih baik daripada seorang demigod masa kini?

Betul. Ini adalah semacam ensiklopedia dewa-dewi Olympia yang diceritakan dengan kocak oleh Percy Jackson. Dua belas halaman awal sudah membuat saya terpingkal-pingkal membacanya.

rick riordan percy jackson dan dewa-dewi

Akhir kata, Rick Riordan dengan serial dewa-dewinya (baik Yunani, Mesir, maupun Romawi), menyajikan kisah yang seru, alur yang cepat dan membuat terbahak-bahak. Asal tidak menonton filmnya…karena dua film Percy Jackson mengecewakan sekali. Tidak seberuntung Harry Potter atau serial Lord Of The Ring dan Hobbit-nya😥

Demikian. Saatnya kembali ke dunia manusia sambil menunggu karya Rick Riordan berikutnya, yang tampaknya menghadirkan dewa-dewi Skandinavia😉

rick riordan percy jackson dan dewa-dewi