desaos - dropbox di thunar file manager

Saat ini sedang menggunakan OS kebanggaan Desa ( #jyaah) yang dikembangkan dari campuran Xubuntu dan Debian (nekat, ra?), yaitu DesaOS . Guna memenuhi tujuan sistem operasi yang ringan dan stabil di komputer spesifikasi rendah, Desktop Environment yang dipilih tentunya yang ringan, yaitu XFce. Otomatis File Manager bawaannya adalah Thunar.

Karena masih menjadi pengguna Dropbox yang setia (walau sudah berbagi beban Google Drive), maka saya cari-cari cara agar File Manager yang sekarang juga support jadi klien Dropbox. Ini juga alasan saya masih menggunakan Dropbox, bisa diintegrasikan dengan File Manager. Termasuk di penggunaan Linux Mint sebelumnya yang menggunakan Nautilus sebagai File Manager-nya. Tinggal $sudo apt-get install nautilus-dropbox , selesai.

Akhirnya menemukan referensi Dropbox di File Manager yang cukup lengkap di sini.

Saya, seperti biasa, ambil cara termudah saja :

1. Unduh Dropbox untuk Thunar (pilih salah satu) :

2. Setelah terunduh, buka dengan aplikasi “gDebi” atau masuk ke folder tempat file tersebut diunduh dan install dengan:

$sudo dpkg -i *

3. Setelah terinstal, akan muncul jendela aktivasi Dropbox. Pastikan tersambung koneksi internet, dan jalankan Dropbox-nya.

4. Setelah menunggu beberapa lama, maka Dropbox sudah terpasang di Thunar File Manager. Akan ada folder baru “Dropbox” di “Home” dan ikon Dropbox di panel desktop.

dropbox di thunar file manager