Enam belas tahun sudah tinggal di Kota Mendoan ini. Beragam perkembangan pembangunan sudah terjadi. Tidak dipungkiri, jantung kota Purwokerto adalah kampus Universitas Jenderal Soedirman yang kemudian menumbuh-kembangkan kampus-kampus lain di wilayah Banyumas. Berkembangnya kampus-kampus ini, baik secara langsung ataupun tidak, mempengaruhi bertambahnya jumlah penduduk di sini. Meski begitu, hingga kini, Purwokerto masih terasa nyaman dihuni.

Salah satu hal yang saya anggap menarik dari perkembangan kota Purwokerto, adalah semakin tersedianya ruang-ruang terbuka hijau untuk masyarakat Banyumas. Beberapa lahan kosong, diubah menjadi taman-taman keluarga.

Terlepas dari polemik jumlah anggaran yang disediakan untuk renovasi dan pengadaan ruang terbuka hijau ini, berikut beberapa taman yang bisa dinikmati jika berada di wiayah sekitaran Purwokerto :

 

1. Alun-alun Purwokerto

ruang terbuka hijau alun-alun purwokerto

  • Sejak periode pemerintahan kabupaten sebelumnya, Alun-alun Purwokerto telah ditata ulang dan relokasi untuk pedagang kaki lima. Sehingga masyarakat lebih nyaman membawa keluarganya untuk sekedar bermain dan bercengkerama di sini. Selain itu, alun-alun Purwokerto masih menjadi pusat kegiatan seremonial dan hiburan kabupaten Banyumas.

 

 

 

2.  Taman Andhang Pangrenan

andhang-pangrenan-purwokerto

  • Taman yang diresmikan tanggal 13 Maret 2011 ini merupakan taman kota khusus yang pertama di Purwokerto. Andhang Pangrenan dibangun di lahan bekas Terminal Bus Purwokerto. Berbekal tiket masuk Rp. 2000, pengunjung dapat menikmati  tempat terbuka luas yang cocok untuk keluarga. Karena taman yang berada di Jalan Gerilya ini menyediakan jogging track (yang bisa juga dipakai untuk anak-anak bersepeda), dua panggung luas yang biasa untuk konser, beragam tempat bermain untuk anak, dan deretan stand makanan. Salah satu yang dinanti dari Andhang Pangrenan adalah tumbuh besarnya pohon-pohon yang ditanam di sana. Sehingga ketika pohon-pohon ini telah dewasa, akan menjadi penyejuk di waktu teriknya matahari.

 

3. Taman Bale Kemambang

ruang terbuka hijau bale kemambang purwokerto

  • Kalau di Solo ada Taman Bale Kambang, di Purwokerto ada Taman Bale Kemambang😀
  • Satu lagi Ruang Terbuka Hijau di Purwokerto, yang mempunyai ciri khas khusus berupa bangunan semi terbuka/bale yang berdiri dalam kolam seluas 1.500 m2 yang tampak seolah-olah terapung bila air kolam penuh. Juga akan dilengkapi dengan jalan setapak untuk pejalan kaki sekaligus sebagai jogging track, tempat duduk-duduk, tempat permainan, sumur resapan, kantin/tenda,  kamar mandi/WC, lampu penerangan, dan jalur khusus untuk refleksi. Taman Bale Kemambang berada di Jalan Karangkobar Kelurahan Banjarkembar Kecamatan Purwokerto Utara.

 

4. Taman Lalu-lintas (Terminal Bus) Bulupitu

ruang terbuka hijau bulu pitu purwokerto

  • Bahkan di halaman Terminal Bus Purwokerto-pun dijadikan taman keluarga🙂
  • Diuntungkan dengan sudah adanya pohon-pohon besar, taman edukasi kesadaran berlalu lintas yang berada di halaman depan Terminal Bus Purwokerto ini terasa sejuk dan nyaman. Ruang terbuka ini belum sepenuhnya selesai pengerjaannya, akan tetapi bagian yang sudah bisa digunakan, sudah tersedia tempat bermain dan bangku-bangku taman di bawah pepohonan yang rindang. Akses wifi murah dari Wifi.id (bahkan tersedia mode Indischool) juga di sini.
  • Pengalaman pribadi sewaktu mengantar tamu dari Desa Mandalamekar, Tasikmalaya. Meski waktu sudah menunjukka pukul 23.00 WIB, masih ada dua anak perempuan usia SMP bermain ayunan dengan tenang di taman terminal bus ini….Ah, semoga dua anak ini bukan dari kalangan horor:mrgreen:
  • Tapi tampaknya, salah satu pejabat Dishubkominfo juga beranggapan Terminal Bus Purwokerto adalah terminal yang manusiawi, dan pernah juga melihat anak-anak bermain di taman meski sudah larut malam. Ada beritanya di http://satelitnews.co/terminal-bulu-pitu-purwokerto-dianggap-paling-humanis/
  • Informasi tambahan : Masjid Terminal Purwokerto juga digunakan untuk shalat Jumat, bahkan shalat Idul Adha juga. Jadi tidak perlu kuatir ketika sampai terminal pas Jumat atau bahkan hari raya🙂

Selain taman-taman ini, trotoar tempat pejalan kaki juga terus dibenahi, dengan harapan membuat nyaman pejalan kaki.

Demikian beberapa Tempat Terbuka Hijau di Purwokerto yang dapat menjadi tempat alternatif untuk sejenak bersantai sambil menikmati mendoan😉