bisnisUKGO1

Setelah Juguran Blogger Banyumas, ini adalah kerja masif Blogger Banyumas di tahun 2012. Bertempat di Aula Telkom Purwokerto, setiap hari 1 angkatan dengan materi yang sama tiap harinya, mulai dari hari Senin (10/12) sampai Jumat 14 Desember 2012,sebanyak 125 orang dihadirkan selama 5 hari untuk mengikuti Workshop Bisnis Banyumas Go Online.

Kendablongan ini dimulai ketika menentukan waktu pelaksanaan acara bertagar #bisnisBMSGO ini. Disepakati acara akan berlangsung 5 hari. Daripada menunggu terlalu lama, dengan kejam disepakati workshop diadakan langsung setelah selesai acara Ulang Tahun Gerakan Desa Membangun (Ultah GDM) yang Pertama.

Karena Blogger Banyumas juga jadi panitia Ultah GDM yang diadakan di desa Melung, maka harus merangkap kerja dengan mempersiapkan workshop #bisnisBMSGO.

Jadilah kerja marathon selama 9 hari berturut-turut. Empat hari Ultah GDM disambung 5 hari Workshop Bisnis Banyumas Go Online #mdrcct😀
Sesuatu yang terlihat berat ini, tidak terasa karena bantuan dari desa-desa wilayah Banyumas.

Komunitas Blogger Banyumas memang tumbuh dan berkembang bersama GDM. Jadinya, secara otomatis Blogger Banyumas juga mengundang usaha-usaha kecil dari desa-desa membangun wilayah Banyumas.

Undangan ke desa ini juga merupakan langkah strategis bagi Blogger Banyumas untuk berkenalan dan memetakan unit-unit usaha yang ada. Diharapkan setelah ini unit-unit usaha ini tetap bersedia untuk langkah-langkah selanjutnya di bidang penguatan perekonomian perdesaan. Seperti yang diamanahkan di Ultah GDM yang pertama.

blogger banyumas bisnis banyumas go online

Kehadiran unit-unit usaha dari desa juga menjadi penyemangat tersendiri…disamping kehadiran mahasiswi-mahasiswi yang ikut serta:mrgreen:

Ini menunjukkan undangan dari Blogger Banyumas disambut baik oleh kalangan pengusaha dari desa.

Bisnis Banyumas Go Online juga dimuat di 3 harian. Suara Merdeka (11/12), Satelit Post (12/12), dan Harian Banyumas (13/12).

Harian_scaled

Akhirnya, 5 hari pendampingan usaha kecil dan menengah selesai sebelum shalat Jumat 14 Desember 2012.

blogger banyumas bisnis lokal go online

Secara pribadi, selama 5 hari Workshop Bisnis Banyumas Go Online saya tidak merasakan “ketegangan” dan “keengganan”. Tim kecil panitia pelatihan yang menggandeng Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) dan Google bekerja secara otomatis sesuai dengan kemampuannya.

Ritme kerja menyenangkan : “kalau ndak bisa ya jangan dipaksa” tetap terjaga. Maksudnya, jika ada sesuatu yang tidak bisa terkejar atau dikerjakan, ya ndak usah dipikir sampai tidak bisa tidur…singkatnya, ra sah digagas😀

Menurut Didi Sugandi, begawan CombineRI, hakekat orang bekerja adalah ketika di tempatnya bekerja, dia menemukan “eksistensi” dirinya di mana dia bekerja. Ketika dia sudah tidak merasa ada atau dianggap, memang sebaiknya mencari tempat lain yang bisa memamfaatkan kemampuannya.

Lebih lanjut, bang Soep sang Kepala Suku Blogger Banyumas bersabda, “yang penting semua jelas apa tugasnya sesuai kemampuannya, sehingga setiap person bisa menikmati tugas yang diberikan kepadanya.”

Jadilah tim kecil dengan keterbatasan sumber daya yang bekerja dengan riang gembira ha ha…😀

Mimpi buruk dari kerja panitia bukan profesional (bukan semacam EO), adalah ketika selalu menganggap apa yang di luar wilayah tugasnya, tidak mau dikerjakannya sementara dia sedang tidak mengerjakan apa-apa.

Tapi dengan suasana kerja menyenangkan, semua bebas mengerjakan apa yang bisa dikerjakan dalam koridor suksesnya acara. Hasilnya, sebuah kerja yang bakal bikin pusing organisatoris karena ndablongnya😆

Dablongan sendiri bisa diartikan sebagai slenge’an (slank-e’an). Nyaris sama dengan seenaknya sendiri.

Semoga suasana seperti ini bisa tetap terjaga 🙂

blogger banyumas bisnis lokal go online