Ini adalah tulisan cara install CMS Lokomedia di localhost Linux Mint. Tulisan ini terinspirasi oleh Kang Mufid yang menggunakan CMS Lokomedia untuk salah satu situsnya, saya jadi tertarik untuk mencobanya. Apalagi menurut Kang Mufid, CMS racikan Indonesia ini, cukup lengkap fiturnya tapi juga menantang untuk kostumisasi.

Jadilah, malam ini mencoba untuk mencicipi CMS dari penerbit buku-buku TI asal Yogyakarta ini. Tentu, pertama-tama yang saya lakukan adalah membenamkan CMS Lokomedia di Linux Mint yang saya gunakan di desktop PC.

Berikut langkah-langkah dan sedikit manuver Cara Install CMS Lokomedia di localhost Linux Mint :

1.  Pastikan server localhost sudah terinstall. Saya menggunakan LAMPP yang pernah saya tulis cara instalasinya di sini.

2. Download CMS Lokomedia versi terbaru. Saat tulisan ini diturunkan, saya menggunakan versi 1.5.9 yang bisa didownload di sini.

3.  Ekstrak dimanapun tempat kita meletakkan hasil download CMS Lokomedia tadi. Mudahnya, klik kanan – Extract Here file hasil unduhan cms lokomedia.

cara install cms lokomedia di localhost linux mint

4. Buka browser. Masuk ke PHPMyAdmin

http://localhost/phpmyadmin

5.  Kemudian buat database-nya. Secara default, cms lokomedia memberikan nama databasenya : dblokomedia . Jadi saya buat juga databasenya dengan nama : dblokomedia . Nama databasenya bisa saja diganti. (dibahas di poin berikutnya).

cara install cms lokomedia di localhost linux mint

6. Masuk ke folder CMS Lokomedia hasil ekstrak tadi, copas folder lokomedia ke /var/www.
Salah satu keistimewaan Linux Mint adalah fasilitas klik kanan – Open as Administrator. Jadi saya bisa copas folder lokomedia ke /var/www tanpa melalaui perintah Terminal🙂

install cms lokomedia di localhost linux mint

7. Edit file /var/www/lokomedia/config/koneksi.php (sebagai administrator).
Saya isi password PHPMyAdmin dan memastikan username-nya sesuai.
Pada file inilah nama database CMS Lokomedia dapat disesuaikan jika ingin mengganti nama database-nya (poin nomor 5).

cara install cms lokomedia di localhost linux mint

8.  Mengaktifkan mod_rewrite Apache Linux Mint.
Buka Terminal dan mengetikkan beberapa perintah berikut :

$ sudo a2enmod rewrite
$ sudo gedit /etc/apache2/sites-enabled/000-default

Ubah AllowOverride dari “None” ke All

cara install cms lokomedia di localhost linux mint

Berikutnya, restart Apache

$ sudo /etc/init.d/apache2 force-reload

9.  Selanjutnya tinggal mencicipi CMS Lokomedia di localhost Linux Mint dengan mengetikkan di browser : http://localhost/lokomedia

cara install cms lokomedia di localhost linux mint

10. Untuk mengakses Admin, dengan cara mengetikkan di browser : http://localhost/lokomedia/adminweb. Username dan password defaultnya : admin

cara install cms lokomedia di localhost linux mint