buku relawan Merapi
Buku Relawan Merapi "Berbagi Jejak Kebersamaan untuk Anak-anak Negeri"

Ampun kepada Anaz. Setelah cetakan kedua baru saya menuliskan buku ini (worship)

Seperti yang pernah saya tuliskan di sini ceritanya (silakan dicari sendiri di sini yašŸ™‚ ), saya diminta untuk menyumbangkan 1 cerita dari 11 cerita yang ada di buku “Relawan Merapi” ini.

Sedangkan awal mula lahirnya buku ini dimulai dari kehadiran Anazkia sebagai relawan Merapi di Jogjakarta. Padahal beliau sedang menikmati masa cuti sebagai Pahlawan Devisa, untuk berkumpul dengan keluarga. Tetapi beliau lebih memilih untuk melebur, bahu-membahu berusaha meringankan beban “saudara-saudara”-nya yang sedang diguncang Merapi.

Luar biasa.

Memang begitulah sosok luar biasa ini sejak pertama kali saya dikenalkan oleh Queenie (baca : kweni… #PLAK)

Setelah berkenalan sekian lama, akhirnya saya berkesempatan bertemu dengan Anaz di sela-sela kegiatan kami di posko relawan yang berbeda. Begitu juga dengan beberapa teman blogger lainnya yang diminta Anaz untuk sekedar kopdar, senyampang Ā ada di Jogja.

Saya pikir, orang akan mudah terkecoh oleh sosok Anaz yang low-profileĀ jika tidak tahu kiprahnya yang luar biasa di dunia penulisan, gerakan sosial dan pemberdayaan Tenaga Kerja di Malaysia.

Benar saja. Beberapa saat setelah kami ke kehidupan masing-masing. Anaz, mengontak saya dan teman-teman blogger lainnya, untuk mewujudkan harapannya menerbitkan buku tentang Merapi yang seluruh royaltinya nanti digunakan untuk kepentingan sosial.

Naif-nya, awal pengiriman naskah, saya hanya mengkopas tulisan saya yang sudah saya muat terlebih dahulu di Pojok Pradna ini. Meski menyertakan beberapa foto, hanya menghasilkan 2 halaman.

Kemudian, Anaz menghubungi kalau hanya 2 halaman tidak memenuhi kuota dalam buku. Anaz pun memberikan tenggat waktu hanya 2 hari untuk merevisi.

Akhirnya, dalam semalam (untung saja Anaz tidak membangunkan ayam jago sebelum matahari terbit) selesai juga 1000 candi 11 halaman cerita saya tentang Merapi.

Memang tidak bisa dibandingkan dengan 10 tulisan berkelas lainnya dalam buku “Relawan Merapi” ini. Saya hanya berusaha semampu saya sesuai kapasitas saya sebagai Tukang Cerita (fiksi).

Kejadian-kejadian nyata yang terjalin dalam drama Merapi, saya coba rajut dalam balutan fiksi untuk menyatukannya dalam satu linimassa. Sehingga membentuk satu cerita yang utuh.

Tampaknya begitulah yang menjadi kekuatan buku ini. Sebelas cerita yang terajut menjadi Ā ” Rekam Jejak Kebersamaan” untuk catatan Anak Negeri ini. Membuat buku ini sangat recomendedĀ bagi Anda yang ingin mengetahui nukilan cerita dari peristiwa yang menyatukan negeri ini.

Cetakan kedua buku “Relawan Merapi : Berbagi Jejak Kebersamaan Untuk Anak Negeri” Ā bisa didapatkan di Gramedia se-Jabodetabek, dengan harga Rp. 37.500

Di luar jabodetabek, jika ada yang berminat, sila hubungi saya melalui komen posting ini atau YM saya.

Seluruh keuntungan buku ini nantinya akan digunakan untuk kepentingan sosial.