Perlahan tapi pasti, para dedengkot sekte-saru menemukan tempat baru yang nyaman di google plus. Dengan fasilitas circle-nya yang bisa mengelompokkan para saruer dalam 1 kubangan. Sehingga bisa bebas untuk melimpahkan kreatifitasnya (me-nyaru dengan cerdik) tanpa khawatir mencoreng kredibilitasnya:mrgreen:

Salah satunya adalah ajakan untuk berkreasi membuat rangkaian foto profil untuk G+ seperti ini :

hastag #mdrrcct yg legendaris

Sebetulnya, saya lemah sama pelajaran mari menggampar menggambar. Makanya, agak tidak yakin bisa membuat tulisan seindah di atas, atau punya gambar yang keren seperti yang lainnya.  Tapi yang memenuhi benak saya waktu mengiyakan ajakan itu adalah : slicing-nya.

Meski belum pernah mencoba, tapi saya yakin kalau GIMP bisa slicing gambar. Mungkin dulu pernah sekilas membaca cara slice komponen web dengan GIMP entah di mana.

Jadilah, membuat tulisan dengan teknik ala kadarnya, dan khusuk ngubek2 GIMP buat cari fitur slicing-nya😀

Akhirnya nemu juga caranya :

1.  Siapkan gambar yang akan kita cacah (slice)

2. Setelah terbuka dengan GIMP, buat garis slice vertikal dengan klik dan drag penanda (ga tau istilahnya) di ruler di sebelah kiri. Bisa dilihat di gambar berikut ;

slicing dengan gimp vertikal

3. Buat penanda slice horizontal dengan cara klik dan drag penanda di ruler sebelah atas (masih belum tau istilahnya), seperti yang dilingkari di gambar :

penanda horizontal slicing dengan gimp

4. Kemudian buka Tab Filters – Web – Slice

tab Filters Web Slice di gimp

5. Akan muncul jendela pengaturan. Biar rapi, sebaiknya memilih “separate image folder- Yes” di jendela opsi tersebut, seperti pada gambar :

slice window option di gimp

6.  Setelah di-OK akan menghasilkan 1 folder hasil gambar slicing dan 1 file HTML, jadi bisa dimanfaatkan untuk pembuatan website (enak,to).

file hasil slicing dengan gimp

7. Buka saja folder images hasil slicing tadi, kemudian re-scale sesuai kebutuhan

hasil slicing dengan gimp

Karena gambar2 yang dibutuhkan untuk G+ kali ini dengan ukuran sama 125 x 125 px, maka untuk mempercepat resize gambar2 yang telah di slice dengan GIMP tadi, bisa diresize menggunakan Terminal/KON-sole yang pernah saya tulis sebelumnya ^-^v

Jadilah hasil Slicing dengan GIMP seperti ini :

slicing dengan GIMP

[beberapa gambar diambil dari dedengkot sekte-saru]