Upgrade offline Open Suse 11.2 menjadi OpenSuse 11.3 dari dvd pinjaman milik Sesepuh M2Net, berjalan mulus. Tapi lagi-lagi karena masih kurangnya ilmu, saya memutuskun untuk mengulang instalasi menjadi fresh-install OpenSuse tersebut (doh).

Masalah yang membuat saya melakukan tindakan memalukan tersebut adalah : “Nouveau Kernel” / Kernel Mode Settings (KMS).

Sebetulnya, KMS ini dimaksudkan untuk membantu pengguna, karena sudah menyediakan driver-driver (VGA khususnya) resticted dari NVIDIA, ATI, dan Intel. Hanya saja, NVidia Acer 4520 saya, fitur  ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Terpaksalah saya menggunakan hard way (saya selalu lebih suka menerjemahkannya dengan : “jalan kekerasan”). yaitu menginstal manual driver Nvidia.

Ternyata, saat menginstall driver Nvidia ini (melalu mode teks), terdapat peringatan yang kira-kira artinya : “driver ente sedang dipakai Nouveau Kernel. Matikan dulu kalau mau lanjut install, dude.

Ini yang bikin menyesal. Ternyata baik upgrade maupun fresh install, masalahnya sama tentang ini. Kenapa saya tidak cari tahu dulu sebelum memutuskan fresh instal (kepruk_korsi).

Tak ada gunanya menyesal berkepanjangan. Cari-cari, akhirnya menemukan petunjuk bagus dari blog bintang 1992 (worship). Kemudian saya memadukan dengan wiki-nya.

Beginilah jalan yang saya tempuh :

1. Tambahkan kata-kata “nomodeset” (tanpa tanda petik) di /boot/grub/menu.lst.

Tapi karena Grub utama saya adalah Linux Sabily  10.04 , saya juga menambahkan “nomodeset” di  /boot/grub/grub.cfg , tentunya di baris OpenSuse. Entah ini bermanfaat atau tidak, toh ndak ada ruginya saya tambahkan di situ:mrgreen:

kernel /boot/vmlinuz-2.6.34-12-desktop root=/dev/disk/by-id/ata-Hitachi_HTS545050B9A300_091202PB4400Q7JSTTMA-part11 resume=/dev/disk/by-id/ata-Hitachi_HTS545050B9A300_091202PB4400Q7JSTTMA-part7 splash=silent quiet showopts vga=0x34c nomodeset

2. Hapus “Nouveau” dari initrd.
Menggunakan Teks Editor kesayangan (favorit saya adalag Gedit), saya mengetikkan :

# gedit /etc/sysconfig/kernel

3. Cari baris dan ubah dari default “no” menjadi “yes” :

NO-KMS-IN-INTRD=yes

4. Kemudian jalankan (copy-pastekan) :

mkinitrd

5. Mencegah driver NVidia yang mau diinstal konflik dengan Nouveau, bikin blacklistnya :

# echo "blacklist nouveau" >> /etc/modprobe.d/50-blacklist.conf

6. Instal driver NVidia. Sedikit caranya sudah pernah saya tuliskan di sini. Hanya saja OpenSuse 11.3 ini tidak lagi menyertakan “sax2”, karena katanya itu menyebabkan konflik dengan Nouveau Kernelnya.
Jadi setelah terinstal dengan baik, cukup ketik :

# modprobe nvidia

7. Restart XServer (Desktop) dengan mengetikkan :

# rcxdm start

Demikian, dan alhamdulillah sesuatu yang baru ini bisa terpecahkan ^_^v