Tiga ratus orang datang di sebuah wilayah berjuluk Bekasi. Tiga ratus…jumlah yang kurang lebih sama dengan jumlah orang Sparta yang menghadapi 100 ribu pasukan Persia pimpinan Xerses. Seperti tiga ratus orang menghadang banjir serbuan musuh ke tanah kelahiran mereka…tiga ratus blogger yang dihadirkan ini juga beraksi sama pada kota Bekasi. Membendung musuh media, yaitu pemberitaan buruk. Memenuhi padang maya dengan berita-berita positif mengenai kota Bekasi. Tiga ratus orang sparta berjuang sampai mati…300 blogger menulis sampai mat… eh,

Demikianlah,
saya dan Estiko dot info sang Penguasa Mediaqu, memenuhi panggilan mulia ini. Sempat percaya diri karena mendapat order sebelum berangkat untuk naik kereta bisnis, harus mengubur percaya diri itu. Per tanggal 1 Maret 2010 ternyata tarif kereta api kelas bisnis dan eksekutif naik tak terkendali. Bisa dipastikan, kereta ekonomi yang tarifnya tidak mengalami kenaikan langsung tambah dijejali para penumpang yang telalu PD bisa bermimpi naik bisnis seperti saya ini😀 . Kereta Api Ekonomi Progo pun mengangkut kami.

Lagi-lagi Plurk dot kom menunjukkan manfaatnya. Melalui mikroblogging inilah kami tahu, ternyata rombongan Blogger Bengawan dan Ponorogo membuntuti kreta Progo yang kami tumpangi. Pertanyaannya : “Emang ga bisa cari jalan sendiri?! Ikut2an aja di blakang kita…takut kesasar?!”😆

Jam 2 pagi, kontingen Banyumas sampai di Stasiun Bekasi. Melesat meninggalkan kontingen lain yang baru datang jam 4 pagi. Di mulai dari kontingen Bengawan Solo yang berhasil menjungkalkan urutan kedatangan kereta kontingen Ponorogo, ketika berada di Stasiun Cikampek. Pertanyaannya : “Kok waktu di stasiun Cikampek, Blogger Ponorogo gak membajak pindah  ke kereta yg ditumpangi Blogger Bengawan, yak?”

Setelah rombongan lengkap terkumpul. Berderap langkah mantab 10 orang berjalan menuju Asrama Haji. Cuma 15 menit jalan kaki ini! Pikir 9 (1 lady asli Bekasi) orang buta Bekasi ini dengan jumawa.

Setelah 10 ribu langkah…akhirnya 10 orang yang sudah tidak gagah lagi, sampai di Asrama Haji Bekasi (bukan yg di Pondok Gede) dalam waktu 45 menit! Langsung kami tak kuat melangkah lagi (stok 10 ribu langkah Anlene, sudah kami habiskan dalam 1 pagi itu).

Tapi bagaimanapun suasana Bekasi saat subuh terasa menenangkan :

Bekasi Pagi
Asrama Haji Pagi

Sudah pasti, bagi Seorang Lelaki yang Lemah Terhadap Tawaran Makan hal yang paling menyenangkan adalah ketersedian makanan yang melimpah ruah di penginapan. Satu pagi itu saja, saya berhasil 3 kali makan besar!. Menjura hormat hamba kepada Raden Ajeng (karena menurut gosip, dimana kepanitian ada Mbak Ajeng…bolehlah menghilangkan kekawatiran kekurangan gizi).

Setelah nyaris pingsan karena histeris. Bayangkan saja, saya kembali bertemu dengan blogger-blogger papan atas. Lebih-lebih, akhirnya bertemu kembali dengan Kang Endar sang Leluhur Blogger Banyumas. Sedikit mengingatkan…leluhur itu diatasnya senior…biasa ditampakkan berupa pendar-plasma putih di kamera Anda secara tidak sengaja.

Dimulailah rangkaian Acara Amprokan Blogger 2010.

Dalam dua hari, Sabtu dan Ahad, 300 blogger ditunjukkan bahwa Bekasi mempunyai aset luar biasa. Mulai dari gunungan sampah di Bantar Gebang, pengolahan sampah mutakhir di Sumur Batu (yang bisa menghasilkan listrik dari gas metana. Ini sedikit mengurangi ketergantungan daerah sekitar dari PLNwebhost😀 ).

Bekasi juga punya kawasan industri terpadu berkonsep hijau, Jababeka. Jaba = luar, beka = Bekasi. Demikian kepanjangan Akronim menurut Master Flamboyan Blog Linux Nasional (gelarnya panjang banget, to Kang). Zona Jababeka yang ditunjukkan pada kami adalah Zona 7. Zona yang masih dalam tahap pengembangan. Sehingga masih banyak pepohonan dan asri. Tidak tahu kalau zona yang lain:mrgreen:

Tapi semoga saja, hijaunya akan bertahan meski Jababeka berkembang hingga Area 51. Ini diwujudkan dengan ditanamnya 15 tanaman sebagai perwakilan komunitas blogger yang datang saat itu di Botanical Garden, Jababeka.

Memasuki Jababeka Zona 7, seperti memasuki wilayah asing di kota Bekasi yang hiruk pikuk. Jababeka Zona 7, begitu tenang dan hijau. Inilah jantung Bekasi sesungguhnya. Entah bisa bertahan sampai berapa lama…

Selain itu,
Bekasi juga punya Balai Kota yang asri. Tanaman dan hewan kebun binatang berpadu eksotis di Balai Kota Bekasi.
Bahkan saya jadi tau, dimana para pejabat yang terhormat mendapat kendaraan dinasnya… Kijang.

Setelah pesta-pora di Balai Kota,
Ahad pagi para peserta diamankan seharian di Gedung Mahkamah Konstitusi yang terkenal itu. Hanya saja ini adalah gedung baru, jadi kompleknya belum terlihat hijau. Hebatnya, gedung pertemuan yang dijadikan untuk mengamankan peserta Amprokan Blogger yang tidak sempat melarikan diri (karena ada beberapa blogger yang sudah pulang), untuk pertama kalinya kita-kitalah para Blogger dari seluruh Indonesia ini yang menggunakannya!

cool..

Selesailah seluruh rangkaian Acara Amprokan Blogger Bekasi 2010.

Bekasi hijau, ada di Jababeka Zona 7
Bekasi bersih, kalau seluruh sampah yang tercecer di sepanjang Bekasi, ditumplekkan di Bantar Gebang
Bekasi bersinar, lihat saja foto di bawah ini :

Bekasi Bersinar

————————————————————–
Untuk sekedar mengingatkan saya sendiri, jika kelak baca tulisan ini lagi.

Tulisan ini saya buat ketika ada yang “mengganggu” pikiran saya hingga kepala berdenyut sakit…jadinya, detail acara di Bekasi belum bisa aku ceritakan saat ini.
Semoga bisa segera terselesaikan…
biar aku bisa kembali bersemangat menatap takdirku sebagai Blogger srimulat:mrgreen: