Dalam rangka belajar Eclipse (framework Java),
tentulah saya tanam program tersebut ke Linux Mint 8 (Helena) saya. Ini berlaku juga untuk yang memakai Ubuntu. Saya install dengan perintah standar :

$sudo apt-get install eclipse

File sebesar 150Mb tersedot ke kompyuter (ukuran yang cukup besar buat koneksi yang cukup kecil). Eclipse versi 3.5.1 Galileo yang saya pakai saat tulisan ini dibuat.

A. Kemudian pelajaran berlanjut ke bab SVN. Saya ikuti. Yaitu dengan menginstall plugin svn tersebut ke Eclipse. Langkah-langkahnya :

1. Klik Tab Help => Install New Software (kalau versi sebelum ini, namanya : “Available Software”)

2. Pada jendela Install di kolom “Work With” saya isikan dengan URL update-nya :

http://subclipse.tigris.org/update_1.6.x

Begitu terhubung dengan internet, akan muncul plugin-plugin apa saja yang tersedia. Centang yang required dan recomended, serta mana yang kira-kira penting:mrgreen:

Kemudian tinggal di “next-next” aja dan tunggu sampai selesai instalasi yang mengambil dari internet.

B. Setelah terinstall, saya coba cek koneksinya dengan cara :
1. Tab File => New Project

2. Muncul jendela “New Project”. Klik SVN => Checkout Project from SVN

C. Muncul peringatan eror :

Failed to load JavaHL Library.

These are the errors that were encountered:

no libsvnjavahl-1 in java.library.path

no svnjavahl-1 in java.library.path

no svnjavahl in java.library.path

java.library.path = /usr/lib/jvm/java-6-sun-1.6.0.15/jre/lib/i386/client:/usr/lib/jvm/java-6-sun-1.6.0.15/jre/lib/i386:/usr/lib/xulrunner-1.9.1.3:/usr/lib/xulrunner-addons:/usr/lib/xulrunner-addons:/usr/lib/xulrunner-addons:/usr/java/packages/lib/i386:/lib:/usr/lib

Langsung saja diadakan investigasi untuk menyelidiki kekacauan ini :
Hasilnya :
1. Itu karena libsvn-java belum terinstall. Maka perlu diinstal dengan perintah :

$sudo apt-get install libsvn-java

2. Meski sudah terinstall, tampaknya Eclipse kebingungan mencari dimana lokasi libsvn-java yang terinstall tadi berada, sampe kebrasuk-blasuk ke /usr/lib/jvm dst-nya itu. Maka mari kita bantu Eclipse menemukan path-nya itu :

Buka file /usr/lib/eclipse/eclipse.ini dengan editor kesayangan Anda.

Tambahkan 2 baris ini dibawah tulisan “-vmargs” :

-Djava.library.path=/usr/share/java/
-Djava.library.path=/usr/lib/jni/

Ini skrinsyutnya :

Setelah itu, restart Eclipse (bisa pakai File => Restart).

Ulangi langkah-langkah pengecekan svn diatas. SVN saya pun bisa konek! (worship)