Sebagai pendatang di Purwokerto, mengenal dan bernaung di bawah payung komunitas blogger adalah hal yang menyenangkan. Sayang sampai saat ini, Pradna Cahbagus belum juga mendapat kejelasan apakah ada komunitas blogger Banyumas yang masih eksis.

Akhirnya sambil menunggu kabar menggembirakan itu datang, saya mencoba menghubungi 1 persatu blogger Banyumas yang saya tahu. Pertama, ada Kang Endar yang baru kenal sebentar beliau dah meninggalkan Purwokerto (nepok_jidat). Kemudian, berkenalan dengan Kang Luki dari Korea Kroya, Cilacap. Dilanjut pada acara Seminar Linux di Fakultas Pertanian Unsoed, saya berkenalan dengan blogger super-sibuk, mas Nur Ichsan.

Lama berselang, saya kemudian berkenalan dengan mas Estiko, penguasa mediaqu dot com yang terkenal itu. Ternyata beliau juga warga mBanyumasan. Tapi, baru kesampaian kopi-dangdut darat hari Sabtu malam, tanggal 14 November 2009 di Café 27 (Pitulikur).

Waktu itu baru saja saya datang dari Wates. Saya lupa, kalau uang di dompet dah menguap sepanjang perjalanan. Untunglah, mas Estiko baik hati mentraktir saya itje-lemon-tea (dari Sunda, nya?). Worship dah pokoknya.
Ehm…euh, kalo mo ntraktir lagi, bilang ya mas…biar saya bisa pesen yg lebih mahalan😆

ki-ka : Pradna, Estiko

Karena keterbatasan waktu, dan bisingnya live-show di kafe itu (baca : tidak biasanya saya melihat live-show selain lagu-lagu bang Haji😀 ), pertemuan itu cuma berlangsung sebentar.

Seperti biasa, saya selalu haus dengan ilmu. Sedangkan mas Estiko bagaikan sumur ilmu pengetahuan soal blog. Begitu besar keinginan saya untuk menimba pengetahuan itu, sebanyak kapasitas otak saya yang terbatas. Maka, tak menunggu lama saya bikin janji audiensi dengan beliau. Sebagai seorang santri, tentu sayalah yang berkewajiban sowan (mengunjungi) rumah sang guru.

Jadilah, hari Kamis pagi, tanggal 19 November 2009 saya meluncur ke rumah mas Estiko di bilangan Wijahan, Kemranjen, Banyumas (pake bilangan Wijahan, biar kayak di nJakarta😀 ).Sedianya, saya mengajak mas Nur Ichsan. Tapi tampaknya kepadatan acara beliau memang luar biasa. Sehingga tidak memungkinkan untuk ikut kali ini.

Tak berapa lama saya tiba di depan kantor Pos Wijahan, Kemranjen. Saya sudah ditunggu mas Estiko dan mas Amri MF, salah satu founder mediaqu dot com juga. Betapa merasa terhormatnya saya.

Begitu dipandu, saya terkesima dengan pintu gerbang desa Wijahan. Langsung saya mengabadikannya :

Dengan kamera-saku pinjaman, tentulah panorama ini tidak tertangkap maksimal…(enaknya seperti ini, kalau memakai kamera pro dan hasilnya tidak maksimal, tentulah saya yg disalahkan:mrgreen: ).

Setelah menyerap ilmu, menikmati makan siang dan hidangan yang melimpah ruah. Saatnya berfoto di halaman rumah yang sangat asri :

ki-ka : Pradna, Estiko, Amri MF

Acara kopdar ini berlanjut ke rumah Kang Luki yang sedang hiatus dari blogosphere. Tujuan utamanya, jelas…membajak hotspot di rumah Kang Luki:mrgreen:

Tak kalah dengan blogger-blogger dari Tugupahlawan.com dan blogger mBekasi, para pemuja karaoke. Kami pun tak kalah, menyewa setudio musik selama 3 menit buat foto-foto😆

ki-ka : Kang Luki, Pradna, Amri, Estiko

TER-LHA-LHU…

Dari kopdar kali ini, semakin mengkristal keinginan untuk memiliki komunitas blogger mBanyumasan. Sementara sih, memakai nama Paguyuban Blogger Banyumas😀

Jadi, bagi saudar-saudara yang tinggal , yang pernah tinggal, yang punya kenangan di mBanyumas (Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap).

Atau ada yang mengetahui telah ada komunitas-aktif blogger Banyumas,

Mohon hubungi saya (Pradna) di rafeillo@gmail.com

Terima Kasih.