GRAND OPENING BANYUMASPROMO.INFO

Seminar Linux for Education 2009
Seminar Linux for Education 2009

Dalam mewujudkan  stop dreaming start action, beragam usaha untuk mempromosikan potensi daerah sedang gencar  digaungkan di setiap daerah. Seperti kabupaten tetangga yang mengadakan Wisata Blogger 2009, Banyumas pun mengadakan launching portal Banyumaspromo.info (untuk selanjutnya sebut aja BPI) sebagai langkah awal untuk mempromosikan Banyumas dan ajang kegiatan bisnis di wilayah Banjarnegara,Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen (Barlingmascakeb). Acara launching ini dikemas dalam tajuk : “Seminar Teknologi Informasi Linux for Education 2009“…. Tampaknya OSS bakal menggeliat di ranah panginyongan (banana_dance).

Acara ini telah dilaksanakan hari Kamis, 30 Juli 2009 di gedung Auditorium Fakultas Pertanian Unsoed, dari jam 8 pagi sampai jam empat sore yang dihadiri praktisi pendidikan, pebisnis, mahasiswa, Pemda, dan linuxer-gurem.

Menghadirkan pembicara utama Begawan Linux Indonesia Rusmanto Maryanto di sesi pagi. Sesuai kapasitasnya sebagai begawan linux, beliau memberikan banyak sekali wejangan yang mencerahkan tentang dunia opensource.

Sesi setelah makan nasi (karena ga pada doyan makan siang), adalah demo (?) install linux (OpenSuse) di laptop, oleh KPLI Banyumas. Sayangnya, tidak banyak peserta seminar yang membawa laptop, sehingga CD-CD Opensuse Education yang telah dibagikan, sedikit yang langsung mencobanya saat itu juga. Jadi, bisa dibilang ini “one man show” dari KPLI Banyumas. Semoga yang didemokan Kang Adnan gak pada lupa dan langsung dipraktekkan di rumah/kosan masing-masing😀

Sesi terakhir, digongi oleh manajer BPI sendiri, Pak Nurul Hidayat,M.Kom yang mengenalkan BPI dan visi-misinya.

Secara keseluruhan, acara ini sukses menarik perhatian ratusan peserta (karena hampir seluruh kursi ruang berkapasitas 700-1000 orang ini terisi) yang datang dari mana-mana…walau semakin sore, peserta semakin berkurang😀 Semoga ini jadi titik awal Banyumas Goes to Open Source…amiin.

Dalam rangkaian Wisata Blogger di Wonosobo dan Seminar Linux for Education ini,saya yang hanya blogger-tengu dan linuxer-gurem ini kembali bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang luar biasa seperti blogger-blogger papan atas dan maestro linux Indonesia… like this :

bersama Begawan Linux Indonesia
bersama Begawan Linux Indonesia