Setahun nyaman bersama Ubuntu Muslim Edition 8.04.1. Karena bencana yang tidak mampu saya kembalikan (orang yg kurang belajar *nepok jidat*), Ubuntu beserta partisi dan distro yang lain jadi berantakan tak terkira.

Waktu ingin install ulang Ubuntu, ternyata DVD Ubuntu ME sudah amburadul juga karena seringnya saya bawa, takut-takut suatu saat Ubuntu ME-nya bermasalah. Tapi memang ketahanan Ubuntu (linux pada umumnya) luar biasa. Saya punya 3 PC-client yang terinstall Ubuntu 7.04 (brati saat ini sudah 2 tahun berjalan), belum bermasalah yang menyebabkan harus diinstall ulang…sampe lupa kalo masih ada 3 Ubuntu 7.04😛

Jadilah saya install Ubuntu 9.04 codename Jaunty Janckalope (kata Ratu sih, tante J / J-aunty), dan OpenSuse 11.1 KDE-version (biar ada variasi desktop).

Setelah install 2 distro itu. Ternyata memang saya ketinggalan linux 1 tahun, yang bikin saya sedikit gagap dan mlongo terkagum-kagum-takjub. Ini sedikit catatannya. Sekali lagi, biar tidak lupa sendiri :

Ubuntu 9.04

** Saat ini koneksi internet yang digunakan adalah internet `tjap bledheg` (bledheg dalam bahasa Jawa artinya : petir; flash; atau semacam itulah). Ternyata begitu modem usb GSM ditunyukkan (baca : didudulkan,eh,dicolokkan), langsung muncul jendela pilihan operator seluler di Indonesia. Tinggal pilih dan kemudian nantinya disesuaikan lebih lanjut settingnya di Network Connection yang ada di panel-desktop sebelah kanan bawah. Network Connection Jaunty sudah ada Tab Mobile Broadband. Tinggal memastikan APN nya adalah “internet” (buat Flash unlimited).

network_connTab Mobile Broadband di Network Connection

Setelah itu tinggal klik kiri icon Network Connection di sebelah kanan bawah panel-desktop, dan klik nama koneksi broadband kita. Sudah ada pula opsi untuk diskonek.

koneksi_ubuntu2Konek internet Tsel Flash

Untuk sementara Wvdial buat Modem Huawei220 belum saya gunakan. Apalagi defaultnya, sekarang Ubuntu 9.04 malah tidak seperti seri sebelumnya yang menyertakan wvdial sebagai paket bawaan. Kalau satu-satunya koneksi internet pertama mengandalkan wvdial, bisa digunakan cara install wvdial di Jaunty milik Kang AndyMSE.

**YM-an**

Tampaknya server buat Yahoo! Messenger pindahan ya.
Untuk Pidgin, bisa menggunakan cara dari Kang Luki, yaitu memasukkan salah satu server YM berikut ini :
=> 66.163.181.166
atau
=> 66.163.181.173
atau
=> cn.scs.msg.yahoo.com

**GyachE**
Dulu sempet pake Gyachoo! sebagai alat YM-an yg mirip YM aslinya, karena emo2 Pidgin yang terlalu sopan😀 . Tapi di Jaunty, Gyachoo! saya yang entah versi berapa, bisa diinstal tp gak bisa dijalankan.
Akhirnya, sekali lagi dengan didikan keras dari Kang Luki saya menemukan Gyachi versi 1.1.7 buwat Jaunty. Ini sedikit catatan kecilnya :

1. Donlud gyachi untuk Jaunty disana.

2. Sebaiknya sih tetap tersambung ke internet. Karena paket yang didonlud tadi (format *.deb) tinggal klik dua kali saja, dan akan terinstall sendiri dengan membutuhkan 2 paket dependensi yang disedot dari server repo.

3. Isikan YM server-nya dgn : cn.scs.msg.yahoo.com (bisa diisikan manual, karena di list pilihannya tidak ada)

gyachi_server

4. Gyachi yang sekarang dah bisa webcam, iyey!

webcam_gyachiWebcam gyachi yang sudah dites dgn Kang Luki

Opensuse 11.1

Disto satu lagi yang aku tancapkan adalah Opensuse dengan desktop KDE 4.sekian. Dengan paket lengkap (biasanya kalo KDE jarang menyertakan openoffice) dan desktop KDE, Opensuse 11.1 jadi distro yang sedap dipandang.🙂

Seperti Jaunty, Opensuse 11.1 juga langsung plug n play modem GSM. Berupa modem /dev/ttyUSB0 di panel sebelah kanan bawah. Tinggal mengisikan setting operator masing-masing. Mengkoneksikannya juga tinggal klik nama settingan GSM yang telah dibuat.

koneksi_opensuse2Network Connection di Opensuse 11.1

**zypper**
Kali ini jagoannya bukan “apt”, tapi “zypper”. Dengan zypper, berarti meringkas geseran mouse,klik,pertanyaan password dan seterusnya.

Contoh-contohnya :
1. $sudo zypper install wvdial => buat install

2. $sudo zypper remove wvdial => untuk uninstall

3. sudo zypper ar http://dl2.foss-id.web.id/opensuse-packman/11.1/ packman foss => menambahkan daftar repo dari foss-id.

setlah ditambah,sebaiknya di :
$sudo zypper refresh

4. Untuk menambahkan repo-lokal. Misal, DVD-repo opensuse dikopikan ke /home dengan nama EXTRAS, maka :
$sudo zypper ar /home/pradna/EXTRAS/ local repo

Kalo pake YasT, dijamin banyak langkah yang harus diterangkan.😛

**driver Nvidia**
Ada sih driver nvidia di http://en.opensuse.org/NVIDIA, tapi sewaktu donlud dan install dari sini hasilnya berupa blank-screen dan masuk mode command line.

Panik, saya tanya sana-sini dan gugling sana-sini, akhirnya saya dapat pencerahan dari Begawan Opensuse :
1. Donlud driver terbarunya dari nvidia.com

2. Install
– masuk mode command-line (alt+F2) :
sh NVIDIA-Linux-X86-185.sekian.sekian.run -q

3. Jalankan :
sax2 -r -m 0=nvidia => itu nol, bukan “o”

4. Restart.

Demikian,
“sedikit catatan” yang tidak konsisten dengan arti kata “sedikit”😀

Update 1 Juli 2009
Masih di Opensuse 11.1 :
* butuh instalasi audio-codec kalo mo nyetel mp3 :
$ sudo zypper install gstreamer-0_10-plugins-ugly gstreamer-0_10-fluendo-mp3 gstreamer -0_10-plugins-bad

* codec buat nongton film :
$sudo zypper install w32codec-all