Masih dalam rangka Romadhon.

Majalah Infolinux Edisi September 09/2008, menyertakan bonus DVD Ubuntu Muslim Edition (ME). Akhirnya setelah menunggu lama, akhirnya dapat juga. Karena kalau download itu file-nya seukuran dvd, wah, bakal sebulan penuh. Keburu habis Romadhon-nya🙂

Ubuntu Me bisa dilihat di situs resminya disini

Untuk cara instalnya dapat dibaca di majalah Infolinux.

Untuk seting-setingnya aku udah nulis sedikit disini

Ini cuma mau nunjukin beberapa screenshot-nya yang bikin “adem” di hari nan suci ini. Silahkan…

1) Ini adalah tampilan dari Grub Menu yang menampilkan masjid Nabi (betul ga? Semoga cepat kesana buat membuktikannya. Amin)

2) Tampilan Jendela Login (GDM) yang disertai bacaan basmalah

3) Tampilan desktop default yang masih dengan nuansa hijau. Sebetulnya di samping kursor-nya (yang bergambar anak panah biasa) terdapat kalimat2 dzikir yang berganti-ganti, sehingga mau tidak mau kita jadi ikut berdzikir🙂 . Cuma ga bisa ke capture di skrinsyut ini.

4) Aplikasi Islam bawaan Ubuntu ME Hijra. Berupa kalender Islam.

5) Aplikasi Minbar, pengingat waktu sholat berupa adzan di jam2 sholat. Sepertinya minbar-ku ini perlu diseting lebih lanjut, karena seperti di screenshot, waktu sholat2 di Jakarta masih kacau.

6) Aplikasi Monajat, berupa doa-doa yang ditampilkan secara berkala sesuai keinginan kita. Doa-doanya ditampilkan dalam huruf arab gundul, buat aku pribadi sih agak menyulitkan. Ada sebetulnya pilihan untuk menampilkan dalam bahasa englais, tapi ternyata belum ditranslate-kan.

7) Aplikasi Webstrict, aplikasi untuk filter situs-situs porno. Cukup membantu. Bahkan tanpa diseting apa-apa, Ubuntu ME ini sudah langsung bisa memblokir blog-nya Ratu hanya karena di header blognya dia ada kata-kata “naked”😀

8 ). Aplikasi Zekr, aplikasi Al quran dan terjemahannya. Sementara hanya Al-Fathihah yang bisa ditampilkan. Untuk surat2 berikutnya sepertinya harus diunduh dari situs zekr. Sebetulnya, ada juga pilihan untuk bacaan dengan suara (qori’) yang offline, tapi aku coba kok gak bisa semuanya ya.

9) Ubuntu ME telah dilengkapi paket-paket pendidikan yang ada di Edubuntu, seperti Kstars, Stelarium, GCompris, dll. Jadi aku ga perlu meng-add on Edubuntu ku kesini.

Demikian, beberapa fitur yang ada di dalam Ubuntu ME. OS yang pantas aq pasang di bulan suci ini.

Semoga bermanfaat.