because dream can come true

hoho..walo dengan susah payah, akhirnya terbeli juga Acer Aspire 4520!
Langsung saja aku suntikkan Linux tentunya. Walo sebetulnya OS bawaanya Linpus, tapi mungkin yang disuntikkan yang gak suport 64bit jadi gak keluar Desktopnya. Walo aku dah rubah /etc/inittab -nya.

Ah, tapi biarlah. Karena aku dah nggak sabar nyobain Dream Linux 3.00 , distro linux besutan dari brasil yang dari skrinsyutnya keliatan cool kayak goyang Samba.


Dream Linux 3.00 Dekstop-ku

Tidak butuh waktu lama untuk menginstallnya, bahkan dari Live CD-nya pun berjalan cepat. Menu instalasi terlihat familiar, karena menginduk dari Debian,jadi masih sodaraan sama Ubuntu. Bahkan waktu install Grub, ditawari mo di MBR (Master Boot Record) ato ikut Grub yang udah ada.

Baru liat install grub yang kayak gini.

VGA

Setelah selesai, buat menyamankan tampilan dekstop, dapat langsung ke menu “System Tools => Easy Install” dan memilih install driver vga untuk Nvidia. Hanya saja, penginstalan ini harus dilakukan dengan mode teks dengan menekan Ctrl+Alt+F1. Setelah itu ketik,

sudo Nvidia-install

Tunggu sampai selesai. Setelah itu, otomatis kembali ke dekstop lagi, dan restart sang laptop. Lebih cool lagi, sekarang sebelum splash login user, ada tampilan logo Nvidia. Tambahan lagi, ada opsi “NVIDIA X Server Settings” di opsi “System Tools”, yang berguna untuk mengatur kecerahan pencahayaan dekstop.

WIFI

Berikutnya, tentang Wifi. Aku lihat di menu DCP-Control Panel opsi Wireless Driver. Ternyata di sini kalau mau nginstall driver wifi, yang dipakai adalah file *.inf yang biasa dipakai di Windows© . Aku masukkan file “net5211.inf” dari cd bawaan. Tertulis disitu sukses. Sayangnya aku belum coba hasilnya, karena di Pati tempat yang hotspot aku belum tau dimana aja, kayaknya juga kebanyakan di sekolah-sekolah. Ntar kalo dah nyoba dan berhasil, insya Alloh aku tambahin disini.

(Update 9 Juli 2008 )

Aku sudah coba wifi-nya. Dan ternyata  harus diberi perintah:
$ sudo modprobe ndiswrapper
$ sudo ndiswrapper -ma

SOUNDCARD

Lalu, Soundcard. Secara default, entah kenapa suara di Dream Linux ini tidak keluar, walo ada opsi Alsa di dalam opsi “DCP Control Panel”. Untunglah tidak hanya aku yang ketiban masalah ini, ada juga yang mempunyai masalah sama di Forum Dream Linux . Dan inilah yang aku lakukan:

1. Download driver Alsa disini
2. Ekstrak file tersebut,
3. Masuk ke direktori hasil ekstrak driver Alsa. Ini tentunya dilakukan di Terminal Command Line
4. Kompile dengan perintah,
./configure --with-sequencer=yes && make
5. Lanjutkan kompile dengan perintah,
./configure --with-cards=hda-Nvidia --with-sequencer=yes ; make ;
6. Kompile kedua mungkin ada pesan eror tapi abaikan saja.
7. Install dengan perintah,
make install
8. Berikan mantra selanjutnya,
./snddevices
9. Ke menu DCP-Control Panel pilih opsi Alsa driver => tekan OK => pilih nVidia
10. Restart laptop
11. Bernyanyilah Dream Linux 3.00

Demikian.