Sehubungan dengan proyek buka warnet dan karena masih “hijau” di jagad linux, jadilah aq cari-cari distro linux yang memudahkan operator warnet (dalam hal ini saya) buat ngerjain ini proyek. Pilihan jatuh pada Zencafe 1.2 by om A. Hardiena yang emang warnet banget.

Jadilah install semua user pake zencafe, dan berhasil dengan baik. Tapi giliran server yang diinstall, muncul tulisan:
Parse error on line 132 of section monitor in file /etc/X11/xorg.conf. The HorizSync keyword must be followed by list of numbers of run
Fatal server error : no screens found

Nah, sebagai plonco di dunia linux, aku jelas panik menghadapi ini. Aku tidak baca baik-baik petunjuk error tadi. Jadinya, aku coba cek di /etc/inittab , udah ketulis kalo “default4:desktop ”

Akhirnya, setelah dengan hati tenang dan pikiran yang jernih. Aku baca sekali lagi. Lalu aku buka file /etc/X11/xorg.conf
Di baris ke 132, yaitu baris HorizSync, disitu tertulis “158-72”. Sempet bingung juga, ini angka harus diganti bagaimana?

Untunglah yang sedang aku kerjakan itu warnet, dimana monitornya rata-rata sama tipenya.Jadi aku buka /etc/X11/xorg.conf dari komputer client, aku samakan settingannya, yaitu untuk monitor TriGem 17″ HorizSync “30 -72 ” ditambah Option “DPMS” disave dan direstart.

voila! sekarang dah muncul desktop GUI-nya,

Tapi di forum.linux.or.id ada yang memakai cara seperti ini:
Menggunakan monitor lain begitu sudah muncul desktop GUI-nya baru diganti dengan monitornya yang semula.

Boleh juga. Bebas make cara yang mana aja. Yang penting legal🙂